Rabu, 28 Januari 2009

KELUARGA BESAR CUSTOMER CARE DIVRE V JAWA TIMUR

Selama tiga hari mulai tanggal 24 s/d 26 Januari 2008 Wisata Keluarga Taman Graha Melati kedatangan tamu istimewa dari Keluarga Besar Customer Care PT.TELKOM DIVRE V JAWA TIMUR sebanyak 20 orang. Dengan naik kereta api Turangga dari Surabaya pada pukul 18.00 dan tiba di Stasiun Bandung pukul 07.15 rombongan langsung disambut kru Taman Graha Melati dengan dijemput tiga unit mobil langsung meluncur ke lokasi Taman Graha Melati.

Perjalanan dari Stasiun KA Bandung sampai di lokasi Taman Graha Melati ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 menit, para tamu langsung disambut dengan minuman jeruk hangat, jahe hangat, makanan surabi panas dan pisang goreng panas. Setelah santai dan istirahat sejenak kemudian dilanjutkan mandi pagi, selanjutnya para tamu dipersilahkan untuk sarapan pagi dengan menu pindang ecot, pepes ikan mas, tahu sumedang, ikan asin, sambal dan lalaban.

Kira-kira sekitar pkl 10.00 sesuai jadual rombongan melanjutkan perjalanan menuju kebun stroberi Alam Endah Babakan Jampang, Kawah Putih dan Situ Patengan di Ciwidey Kabupaten Bandung. Kegiatan di kebun stroberi antara lain semua perserta diberikan kesempatan langsung untuk memetik buah segar stroberi perorang minimal ½ kilogram, setelah itu dilanjutkan makan siang bersama di lokasi kebun sroberi dengan minuman jus stoberi ala Alam Endah. Setelah makan siang selesai serta sholat dhuhur dan asyhar dijamak khosor, rombongan melanjutkan perjalanan menuju lokasi Kawah Putih yang ditempuh kurang lebih 30 menit. Sampai di lokasi kawah putih rombongan disambut hujan rintik-rintik, sehingga untuk dapat mencapai Kawah Putih dengan jarak 100 meter dari lokasi parkir mobil, rombongan harus ramai-ramai sewa payung sewaan seharga Rp.5.000,--/ buah. Alam nan indah nampak di lokasi Kawah Putih ini, dengan bau khas aroma belerang pengunjung cukup berlama-lama nenikmati pemandangan alam di sekitar Kawah Putih. Sambil ber photo ria rombongan tidak lepas dari naungan payung sewan yang warna-warni bagai Flexinya Telkom. Setelah cukup menikmati alam Kawah Putih rombongan melanjutkan perjalanan ke Situ Patengan dengan waktu yang ditempuh kurang lebih 30 menit. Disini perserta rombongan tidak banyak yang melakukan kegiatan, hanya jalan-jalan, photo-photo, beli tahu goreng. Sebetulnya perahu didanau yang luas dan indah itu siap membawa dan menyenangkan rombongan keliling danau, tapi karena udara dan cuacanya kurang mendukung peserta rombongan tidak ada yang tertarik untuk menyewa fasilitas perahu tersebut. Sekitar pukul 17.00 rombongan segera kembali ke lokasi Taman Graha Melati dengan sebelumnya mampir ke Cibaduyut yang terkenal dengan produksi sepatunya. Disini rombongan ada yang langsung melaksanakan sholat magrib tapi ada juga yang langsung belanja oleh-oleh sesuai pesanan keluarganya. Setelah cukup, rombongan melanjutkan perjalanan pulang ke lokasi Taman Graha Melati. Rombongan samapi di lokasi Taman Graha Melati sekitar pukul 19.30, karena peserta sudah pada lapar rombongan langsung menyerbu makan malam dengan menu sate kaming, sate ayam, sambal goreng kacang merah, sambal dan lalaban. Sebagai minumnya telah disediakan antara lain bajigur panas, bandrek panas, kopi hangat dan buah-buahan sebagai pencuci mulut. Setelah makan dan minum selesai rombongan masuk kamar masing-masing untuk mandi dan dilanjutkan dengan mimpi yang indah berada di Taman Graha Melati yang jauh dari keramaian Kota Bandung .

Pada hari kedua tanggal 25 Januari 2009 peserta akan di ajak mengikuti outbound di lokasi Taman Graha Melati dengan acara yang telah disusun pengelola antara lain, Flying Fox ( Meluncur melalui kawat ), Ngambedahkeun ( mengambil ikan bersama-sama didalam kolam dangkal ), memancing ikan mas dan mujaer, permainan perahu air tanpa menggunakan dayung dan permainan lainnya yang dianggap seru dan menyenangkan. Di sela acara outbound peserta disuguhi hidangan yang jarang bisa dapat dinikmati di Surabaya antara lain; rujak cuka ( asinan ), rebus umbi-umbian seperti ketela pokon, ketela rambat, kacang tanah dan juga rebus pisang dan rebus jagung.

Sebagai sarapan pagi sebelum kegiatan outbound dimulai pengelola Taman Graha Melati telah menyiapkan makanan khas Bandung yaitu berupa kupat tahu dan opor ayam yang bisa dimakan baik dengan lontong ataupun nasi. Minumannyapun juga tersedia berupa bandrek dengan parutan kelapa muda.

Pelaksanaan outbound ini disediakan waktunya mulai pkl 08.00 s/d pkl 12.00 karena setelah makan siang rombongan akan diajak keliling kota Bandung sambil belanja di Pasar Baru Bandung, cari oleh-oleh makanan di Kartika Sari dan cari barang lainnya di FO-FO Jl.Riau Bandung. Pencarian barang dan oleh-oleh cukup melelahkan sehingga waktu yang disediakan sebelum magrib sampai di lokasi Taman Graha Melati terlampaui sampai saat Isya. Karena sudah sangat lelah dan lapar sesampai di lokasi Taman Graha Melati rombongan langsung menyerbu makanan yang telah disediakan dengan menu Sate Kambing, Gule Kambing dan Ikan Mas Goreng lengkap dengan sambal dan lalabannya. Setelah cukup santai sejenak rombongan langsung masuk kamar masing-masing untuk mandi, sholat dan keperluan lainnya.

Pada malam kebersamaan yang disediakan panitia yaitu berupa karaoke dengan hidangan minuman dan makan kecil telah siap dihidangkan, tetapi karena peserta banyak yang kelelahan maka malam kebersamaan hanya dihadiri separo dari jumlah rombongan.

Pada hari ketiga tanggal 26 Januari 2009 sebelum pkl 06.00 peserta rombongan telah siap dengan tas dan kopernya karena akan melaksanakan perjalanan pulang ke Surabaya lewat Kota Jakarta. Dengan diangkut dua unit mobil Pregio dan satu unit mobil APV tepat pkl 06.30 rombongan langsung menuju Kota Jakarta, untuk sarapan pagi pengelola telah menyiapkan nasi kuning lengkap dalam kotak untuk dimakan diperjalanan Bandung-Jakarta.

Karena pesawat yang akan mengangkut rombongan ke Surabaya berangkat pkl. 19.55 maka sisa waktu yang cukup tersebut digunakan untuk jalan-jalan di Mangga Dua, cuma sayang karena hari tersebut jatuh pada hari raya Imlek maka banyak toko atau stan yang tutup. Setelah makan siang di RM Padang Sederhana Jl.H.Agus Salim (Sabang) rombongan melanjutkan perjalanan ke Masjid Istiqlal untuk melaksanakan sholat Duhur dan Asyhar secara jamak dan khosor. Tidak ketinggalan karena masih ada waktu, rombongan melanjutkan perjalanan melihat Tugu Monas dari kedekatan, sambil berphoto ria dengan beberapa jepretan dan peserta cukup puas perlajanan dilanjutkan ke Grand Indonesia melihat-lihat barang yang baik dan mahal yang biasa dibeli para artis dalam dan luar negeri. Karena bertepatan dengan hari raya Imlek maka di Grand Indonesia disediakan tari barongsay dengan tabuhan genderang khas tionghoa serta pemberian angpo untuk barongsay yang menari lenggak-lengkok yang dimainkan oleh dua orang pemain sebagai kepala naga dan buntut naga.

Setelah dirasa cukup perjalanan dilanjutkan ke Bandara Sukarno Hatta untuk kembali ke Surabaya, karena hari Selasa kantor sudah aktif kembali bekerja.

Perjalanan berakhir samapai di Bandara Sukarno Hatta, yang kembali ke Surabaya masing-masing mengurus tiket dan barang bawaannya dan juga pengantar dari pengelola Taman Graha Melati kembali ke Bandung dengan tiga unit mobil

Demikian perjalanan selama tiga hari berakhir di Kota Jakarta, semoga yang kembali ke Surabaya diberikan keselamatan dalam perjalanannya dan kami yang kembali ke Bandung selalu diberikan kemudahan dalam pengelolaan dalam usaha tempat rekreasi ini.

Terima kasih dan sampai jumpa kembali di waktu yang akan datang dengan acara yang lebih menarik.


Pengelola Taman Graha Melati,